Masalah rem sepeda, bagi anda yang rajin bersepeda, semisal seperti saya yang seorang biker to work, urusan suku cadang yang satu ini adalah cukup sering dijumpai.

Rem , sama halnya dengan rantai adalah suku cadang yang tergolong fast-moving untuk sepeda karena kerjanya yang terus menerus dan berat, sehingga umurnya pendek dan cepat aus.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang biker to work, kanvas rem sepeda akan cepat habis saat musim hujan. Biasanya tidak terasa, tahu-tahu rem sudah kurang pakem (kurang gigit).

Masalah rem sepeda kurang pakem dan solusinya

Mari kita kupas satu per satu seputar masalah pada rem sepeda.

Kanvas rem sudah habis

masalah rem sepeda, kanvas rem cepat habis jika sering kena airSeperti sekilas disebut di atas, berdasarkan pengalaman saya, saat musim hujan jika tiba-tiba ada masalah rem sepeda, kanvas rem merek generik jadi gampang habis.

Saya perhatikan untuk merek biasa, kanvas menjadi cepat habis jika sering terkena air.

Mengingat harganya yang murah dan bentuk fisiknya yang kecil, ada baiknya Anda selalu membawa suku cadang tambahan. Jika Anda rasa suatu saat sudah perlu ganti, Anda bisa ganti kapan dan dimana pun.

 

U brake sudah tidak imbang

U brake atau V brake, adalah bagian rem yang memegang kanvas rem (break pad atau break shoe).

Perhatikan gambar di bawah.

masalah rem sepeda - u brake atau v brake yang sudah tidak seimbang

Jika Anda perhatikan, gambar sebelah kiri tampak posisi U brake miring ke kanan. Seharusnya seperti gambar sebelahnya, yang mana kiri dan kanan posisinya sama.

U brake, agar seimbang memiliki per di kedua sisi. Tentunya karena usia pakai, salah satu per akan menurun kekuatannya, dan membuat keseimbangannya jadi berbeda.

Per yang lebih kuat akan menarik yang lemah. Contoh di atas, per bagian kiri lebih lemah dari yang kanan, makanya U brake-nya jadi condong ke kanan.

Akibatnya, masalah rem sepeda akan muncul, yaitu kanvas rem sebelah kiri habis duluan, karena satu bagian yang kerjanya lebih berat.

Solusinya :

Setel ulang bagian per kiri dan kanan, perhatikan gambar di bawah.

masalah rem sepeda - setel ulang bagian per u brake

Solusi 1

Perhatikan nomor 1, Anda gunakan obeng kembang ukuran kecil untuk mengatur kekuatan per hanya dengan memutar baut kecil seperti ditunjuk tanda panah. Hati-hati jangan sampai memutar terlalu berlebihan, kalau lepas agar repot pasangnya, karena ukurannya kecil.

Semakin dalam baut tersebut Anda putar, semakin mendorong per menjauhi ban. Artinya ini dilakukan pada bagian per yang lebih lemah. Hal sebaliknya untuk per yang lebih kuat.

Solusi 2

Kalau U brake Anda bukan merek top, atau tidak ada setelan per, Anda bisa lakukan penyetelan posisi kanvas rem. Pada gambar di atas, saya beri angka 2 pada bagian yang perlu disetel.

Gunakan obeng segi enam ukuran nomor 5.

masalah rem sepeda - kunci segi enam

Anda bisa lakukan :

  • Kanvas yang sudah habis, Anda tambah kedalamannya. Kanvas rem umumnya saat beli sudah disertakan sejumlah mur dengan beberapa ketebalan seperti ada pada gambar disebelah obeng. Anda tinggal mainkan saja mur-mur tersebut.
  • Tukar posisi kanvas rem antara kiri dan kanan.

Solusi 3

Solusi ini adalah paling mudah dilakukan, namun perlu sedikit latihan dan kecermatan, karena tujuannya adalah mencari posisi yang pas.

masalah rem sepeda - mengatur posisi kabel rem

Seperti ditunjuk tanda panah pada gambar di atas, baut tersebut menghubungkan rem di tangan (caliper) dengan U brake.

Cara mengaturnya :

  1. Cengkeram lengan kiri dan kanan U brake dengan satu tangan Anda, agar nanti saat baut dilonggarkan tidak lepas.
  2. Satu tangan Anda perlahan melonggarkan baut.
  3. Coba geser ke bagian dalam lengan U brake yang masih Anda cengkeram secara perlahan dan sedikit saja. Jika kabel belum bergeser, longgarkan sedikit lagi bautnya.
  4. Jika kabelnya sudah bisa bergeser, ambil beberapa mili saja merapatkan lengan U brake ke dalam, kemudian kencangkan lagi bautnya.
  5. Tes kepakeman rem dan coba maju mundurkan sepeda.

Solusi 4

Kadang terjadi, bahkan setelah diganti 1 set U brake baru, posisi kanvas rem kiri dan kanan tetap tidak sama.

masalah rem sepeda - lubang baut untuk melekatkan u brake

Hal ini dikarenakan lubang baut di sepeda tempat U brake melekat, posisinya sudah miring. Ini bisa terjadi karena suatu hal, semisal pernah jatuh dan sebagainya. Pada gambar di atas seperti ditunjuk oleh tanda panah.

Solusinya adalah lubang baut tersebut perlu diluruskan atau diketok sedikit.

Tips

Ada baiknya, jika bersepeda adalah aktivitas rutin bagi Anda, mengingat rem adalah hal yang sangat vital, maka berikut adalah tips dari saya.

  1. Selalu bawa kunci L segi enam. Kalau susah bawa 1 set, saya minimal selalu bawa kunci L segi enam nomor 5 seperti gambar di atas. Ukuran tersebut standar kebanyakan mur segi enam sepeda.
  2. Bawa cadangan kanvas rem (break pad), 1 atau 2 buah (sepasang).
  3. Bawa mur kanvas rem cadangan beberapa ukuran.

Demikian ulasan dan tips dari saya, semoga membantu rekan-rekan sekalian.

Salam gosor!