HP Android tidak dikenali oleh Windows 10

Tampilan Windows 10

Pesona Windows 10 sudah meluas dan mulai banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia, juga karena gencarnya pemasaran dari Microsoft.

Bagi anda yang telah menggunakan Windows 10, apakah itu Pro atau Home, apakah baru migrasi dari sistem operasi lama atau bundling dengan komputer baru, dan tiba-tiba menyadari bahwa perangkat Android anda (semisal handphone) sekarang tidak dikenali oleh Windows 10 ketika disambungkan dengan kabel USB, artikel ini solusinya.

Awalnya saya berpikir itu karena program driver dari handphone Polytron R2501 yang saya pakai sudah dianggap kuno atau tidak standar, tapi ternyata saya salah.

Perangkat Android dikenali oleh Windows generasi sebelumnya melalui protokol MTP yang ada di paket Windows Media Player (WMP) yang telah terintegrasi. Sayangnya WMP tidak disertakan di Windows 10, sehingga kita harus install sendiri.

Solusi #1, tidak ideal tapi sederhana.

Saat perangkat Android anda terhubung dengan komputer, anda pilih/sentuh pilihan Connected as media, kemudian pada layar berikutnya anda pilih Camera (PTP) seperti ilustrasi di bawah.

Perangkat android siap untuk terhubung dengan windows 10

Normalnya adalah Media device (MTP), tapi kali ini anda bisa pilih alternatif Camera (PTP).

Setelah anda memberi tanda check pada Camera (PTP), sekarang gunakan Windows Explorer, perangkat Android anda seharusnya sudah muncul.

Hanya saja, saat ini anda hanya bisa mengakses folder DCIM alias foto dan video dari kamera perangkat. Cukup, jika anda butuh sekedar untuk memindahkan foto atau video rekaman sendiri antara komputer dan perangkat Android, tapi tidak jika anda ingin memasukkan lagu dan video ke perangkat Android anda.

Solusi ini sengaja saya tunjukkan, agar sebelum kita melaju ke solusi #2 yang lebih baik, kita memastikan bahwa kabel USB dan perangkat Android anda sehat.

Solusi #2, ideal dan permanen.

Pertama, anda harus download update KB3010081 dari Windows 10 yang kita butuhkan di sini. Pilih salah satu, jika Windows 10 anda :

  • 32-bit pilih Microsoft-Windows-MediaFeaturePack-OOB-Package.msu (72.4 MB)
  • 64-bit pilih Microsoft-Windows-MediaFeaturePack-OOB-Package_x64.msu (108.9 MB)

Setelah selesai download, kemudian install update tersebut. Selesai install, gunakan Windows Explorer untuk melihat apakah perangkat Android anda sudah dikenali. Pastikan perangkat Android anda, di setelan USB computer connection telah disetel pilihan Media device (MTP).

Jika belum, maka kita perlu memperkenalkan Windows 10 kita dengan driver MTP yang telah ada di komputer, dengan cara berikut :

  1. Jalankan Windows Explorer, cari folder C:\Windows\INF
  2. Pada folder tersebut, cari file wpdmtp.inf, gunakan kolom pencarian yang tersedia di bagian kanan atas, seperti ilustrasi di bawah.

    perangkat android siap untuk dikenali windows 10

    Masukkan nama file wpdmtp.inf pada kolom seperti ditunjuk tanda panah.

  3. Cari file yang bernama wpdmtp.inf, klik tombol kanan mouse, pilih install, seperti ilustrasi di bawah.

    langkah terakhir perangkat android dikenali oleh windows 10

    Jangan salah pilih file, wpdmtp.inf seperti ditunjuk tanda panah.

  4. Selesai.

Kembali gunakan Windows Explorer, dan sekarang lihat hasilnya. Ilustrasi di bawah adalah tampilan di komputer saya.

Semua folder di dalam handphone android saya sekarang sudah bisa diakses.

Selamat mencoba.

 

Saya mempercayakan penempatan blog saya di Dewa Web.