pengalaman penggantian paspor yang rusakArtikel sambungan dari artikel saya sebelumnya, Pengalaman penggantian paspor yang rusak. Saya buat agar tidak terlalu panjang.

Pada dasarnya prosedur penggantian paspor hampir sama dengan pembuatan paspor baru.

Secara umum Anda dapatkan jadwal antri via online (aplikasi handphone) atau datang langsung, datang, wawancara pembuatan BAP dan terakhir tunggu hasil atau bayar.

Pengalaman penggantian paspor yang rusak (bag. 2)

Keputusan KaNim

Sekitar 2 hari kemudian, tepatnya hari Jumat sore, saya mendapat telepon dari Imigrasi yang meminta saya untuk datang hari Senin minggu depan, pagi hari jam 8:30 untuk keperluan foto dan langsung menuju lantai 2. Dalam hati saya mengatakan bahwa KaNim telah memberikan keputusannya.

Saya diingatkan untuk kembali membawa berkas asli seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Pada hari Senin yang telah ditentukan, saya pun hadir tepat waktu, langsung menuju lantai 2 dan mencari petugas yang dimaksud. Saya difoto sebentar dan kemudian diminta menunggu di ruang tunggu.

Tak lama kemudian, seorang siswa magang memanggil saya untuk turun ke lantai 1 dan diminta menunggu di depan ruang wawancara. Seorang petugas memberitahu saya agar mengisi formulir dulu.

pengalaman penggantian paspor baru - menanti dipanggil wawancara

Karena saya datang masih pagi, ruangannya masih sepi, tidak ramai seperti ini, duduk sebentar langsung dipanggil masuk.

Berhubung relatif masih pagi, belum banyak pemohon, tidak lama kemudian saya dipanggil ke dalam untuk wawancara dan foto paspor.

Sesi wawancara juga membutuhkan berkas asli seperti yang saya sebutkan di atas.

Setelah melalui tahapan pemeriksaan berkas dan tanya jawab, akhirnya proses selesai. Saya mendapatkan slip pembayaran pembuatan paspor sebesar Rp 355,000.

Alhamdulillah, saya tidak dikenakan penahanan paspor dan hanya dikenakan biaya penggantian paspor senilai pembuatan paspor baru.

Pembayaran biaya pembuatan paspor

Sama seperti pembuatan paspor baru, pembayarannya dapat dilakukan di kantor pos dan aneka bank.

Masa berlaku slip pembayaran adalah 3 hari setelah diterbitkan. Esoknya saya melakukan pembayaran di salah satu bank pemerintah dekat kantor saya.

Sesuai tertulis di slip pembayaran, paspor bisa diambil 7 hari kerja setelah pembayaran.

Demikian pengalaman saya saat melakukan permohonan penggantian paspor baru. Semoga dapat membantu Anda siapa tahu dalam situasi yang sama.