fakta bunga sedap malamSebagai bunga yang kembali tren di kalangan pencinta flora tanah air dan diperkirakan masih berlanjut hingga 2019, Anda pencinta flora perlu perkaya pengetahuan Anda dengan aneka fakta bunga Sedap Malam ini, lanjut simak artikelnya.

Sedap Malam atau Polianthes Tuberosa adalah nama salah satu bunga yang sudah banyak dikenal luas di Indonesia sebagai bunga potong dan bahan dasar minyak wangi.

Fakta bunga Sedap Malam nyatanya juga sudah ditetapkan sebagai flora identitas propinsi Jawa Timur mendampingi ayam Bekisar sebagai fauna identitas propinsi.

Fakta bunga Sedap Malam yang sedikit orang tahu

fakta bunga sedap malamBunga Sedap Malam sebenarnya bukan bunga asli Indonesia. Diperkirakan bunga ini berasal dari Meksiko dan sudah diperkenalkan ke Indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan China ke Indonesia.

Adalah juga fakta Bunga Sedap Malam lantaran bunga ini biasa mekar dan menebar aroma wangi terhadap malam hari. Selain disebut Sedap Malam, dalam budaya Melayu bunga ini dikenal juga sebagai Sundal Malam ­čśů.

Tanaman ini di dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Tuberose. Sedangkan dalam bahasa Latin tanaman ini dinamai Polianthes Tuberosa.

Ciri khas dan Deskripsi

Bunga Sedap Malam┬ásaling tumbuh berhimpun bersama, dengan tinggi kurang lebih antara 0,5 ÔÇô 1,5 meter.

Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak. Umbi ini merupakan batang semu sekaligus sebagai penyimpan makanan. Umbi bunga Sedap Malam juga digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif. ­čĹŹ

fakta bunga sedap malamDaun bunga Sedap Malam berwujud panjang pipih berwarna hijau mengkilat di anggota permukaan atas dan hijau muda terhadap anggota permukaan bawah daun. Pada pangkal daun terkandung bintik-bintik berwarna kemerah-merahan.

Daun bisa berukuran sampai sepanjang 60 cm. ­čś«

Tangkai bunga terlihat di ujung tanaman berwujud memanjang dan beruas-ruas. Di setiap ruas terlihat daun bunga yang berwujud pipih memanjang bersama dengan ukuran lebih kecil dari daun biasa.

Pada tangkai bunga melekat 5-12 kuntum bunga dan terkadang lebih, bersama dengan mahkota bunga berwarna putih dan sedikit kemerahan di anggota ujung.

Mekarnya bunga Sedap Malam tidaklah serempak, melainkan berurutan. Kuntum bunga anggota bawah akan mekar dahulu kemudian baru disusul kuntum-kumtum bunga di atasnya secara berurutan.

Bunga Sedap Malam dikenal memiliki kesegaran yang bisa bertahan lama. Meskipun sudah dipotong, bunga yang jadi flora identitas propinsi Jawa Timur ini, kesegarannya mampu bertahan hingga 5-10 hari. ­čśŹ

Pemanfaatan

Bunga Sedap Malam banyak dibudidayakan di beragam tempat di Indonesia. Bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai bunga potong untuk beragam keperluan.

Selain itu bunga Sedap Malam juga bisa diolah sebagai bahan pembuat minyak wangi.

Artikel cantik ini dipersembahkan oleh Toko Bunga Nazura, florist 24 jam.