LDAP, barang lama yang tak kenal maka tak sayang.

Inilah standar yang akan kita gunakan untuk mengelola address book di MS Outlook.

Mencari petunjuk di internet, artikelnya ternyata sangat minim. Itu sebab penulis akan bagikan hasil risetnya di artikel ini.

Artikel ini tidak akan membahas secara rinci mengenai LDAP dan LDAP server, tapi setelah mempelajari isi artikel ini, akan mudah bagi Anda untuk memahaminya.

Pada bahagian akhir, ada tautan, pranala dan laman di mana Anda bisa pelajari LDAP lebih jauh.

Berikut adalah beberapa perihal dasar yang perlu Anda ketahui mengenai LDAP dan LDAP server. Hakikatnya, LDAP bukanlah sesuatu yang rumit.

Mengenal LDAP server

LDAP singkatan dari Lightweight Directory Access Protocol.

Server yang umum digunakan adalah dari OpenLDAP yang bersifat public license sehingga bisa digunakan oleh bisnis tanpa perlu membelinya.

Selain itu ada juga yang tidak gratis, contohnya adalah AD LDS dari Microsoft Windows Server. AD LDS sendiri adalah singkatan dari Active Directory Lightweight Directory Services.

Walaupun membawa embel-embel Active Directory, AD LDS tidak harus terintegrasi dan menerapkan Active Directory.

Pada artikel ini, sebagai referensi akan digunakan OpenLDAP server untuk OS MS Windows. Artikel terpisah nantinya juga akan dibuatkan yang menggunakan AD LDS.

Kenapa pakai LDAP server?

LDAP memang dirancang dan dihadirkan untuk aneka kebutuhan multiguna yang bersifat daftar elektronik, seperti daftar nama pengguna, daftar barang dan sebagainya, termasuk daftar alamat email tentu saja.

Pengelolaan address book pada aplikasi email ternyata juga banyak yang memanfaatkan LDAP.

Setelan address book MS Outlook.
Setelan address book Mozilla Thunderbird.
Setelan address book Apple Mail, Mac OS X.

Sejumlah mail server sudah ada yang dibekali dengan fungsi LDAP atau kadang mereka sebut sebagai directory server, semisal MS Exchange dan Zimbra.

LDAP server untuk address book

Sayangnya tidak semua dari pelaku bisnis atau sang admin, cukup beruntung untuk bisa memiliki mail server dengan fitur lengkap.

Ada juga yang tidak merasa perlu memiliki mail server sendiri kerana alasan keterbatasan SDM, tapi banyak alamat email karyawan yang harus diurus.

Punya mail server sendiri tapi tidak ada koneksi LDAP atau directory server-nya? juga tak perlu risau.

Tidak masalah, artikel ini dibuat memang untuk Anda (kerana saya dulu begitu nasibnya).

Selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah DN atau singkatan dari Distinguised Name.