Bagi pemilik blog atau situs yang berbasiskan WordPress (WP), aktifitas update plugins sering tak terhindarkan.

Update plugins ada yang berlangsung otomatis, ada juga yang waktu pelaksanaannya terserah keinginan Anda.

WP plugins error membuat situs jadi kacauNamun jangan kaget jika tiba-tiba blog atau situs Anda mangkrak selepas pembaruan plugins atau kita sebut saja sebagai WP plugins error.

Gambar di samping ini adalah contoh apa yang terjadi pada blog saya 🙁 .

Ini akibat dari problem WP plugins error yang kebetulan adalah plugins Yoast setelah 1 hari sebelumnya saya mungkin melakukan pembaruan ke versi baru.

Solusi blog mangkrak karena WP plugins error

Adalah sangat penting bagi sebuah situs untuk tetap aktif.

Jika sampai tidak bisa diakses dalam jangka waktu lama, maka Google akan menurunkan posisi di rangking pencarian atau bahkan menghapus situs tersebut dari indeksnya.

wp plugins error dari yoast seo yang pernah menyebabkan blog saya mangkrakDalam kasus yang pernah saya alami ini, karena WP plugins error dari Yoast adalah setelah dilakukan pembaruan, mungkin karena ada ketidak-sempurnaan proses, malah seluruh blog saya tidak bisa diakses. Mangkrak!

Untuk itu, saya ingin sekali membagi trik cepat untuk menangani masalah ini, agar situs bisa kembali bisa normal dan tidak mengganggu rangking situs di Google.

Pada dasarnya cara ini bisa digunakan untuk aneka plugins lainnya yang menjadi penyebab masalah.

1. Kenali plugins yang bermasalah

kenali penyebab dari wp plugins errorTidak perlu menjadi orang IT atau programer komputer untuk mengetahui WP plugins yang sedang bermasalah.

Paling mudah adalah cukup Anda ingat, plugins apa yang terakhir dilakukan perubahan atau pembaruan.

Atau jika ada tampilan pesan kesalahan yang muncul, contohnya seperti berikut :

Warning: require(/home/carehal/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/vendor/composer/ClassLoader52.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/carehal/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/vendor/composer/autoload_real_52.php on line 10

Perhatikan yang saya beri warna merah. Sepotong tulisan plugins Itu menunjukkan bahwa masalahnya adalah berasal dari plugins.

Sepotong lanjutannya lagi adalah wordpress-seo yang bisa saya artikan – karena sebagai satu-satunya plugins SEO yang dipakai – adalah Yoast SEO.

Untuk itu sudah hampir bisa dipastikan, masalahnya adalah WP plugins error.

2. Solusi perbaikannya

Masalah yang berkenaan dengan WP plugins error, dapat ditangani dengan mudah, yang penting situs dapat kembali diakses dengan normal dulu.

Langkah 1, matikan akses plugins yang bermasalah tersebut dengan mengganti nama folder dari plugins tersebut.

Gunakan software FTP atau  laman Cpanel yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan hosting situs.

wp plugins error - gunakan file explorer cpanel untuk ganti nama folder plugins yang bermasalahKalau saya lebih suka gunakan fitur File Manager yang tersedia di Cpanel karena tidak perlu repot-repot install software FTP.

Gambar di sebelah adalah laman dari Cpanel saya.

Bagi yang belum pernah gunakan File Manager dari Cpanel tidak perlu khawatir.

Tampilannya relatif hampir sama dengan software file manager yang lain, semisal Windows Explorer-nya Windows.

Langkah 2, ganti nama folder dari plugins yang bermasalah. Seperti contoh berikut, saya cuma menambahkan huruf “x” di depan nama folder plugins.

wp plugins error yang disembuhkan dengan ganti nama folder plugins yang bermasalah

Mengganti nama folder plugins adalah pendekatan yang terbaik atau paling aman daripada menghapus folder tersebut.

Sampai di sini, plugins yang bermasalah tidak lagi menyebabkan situs mangkrak. Jika nanti ternyata ada sesuatu yang dibutuhkan dari plugins tersebut, masih bisa dilakukan penyelidikan atau perbaikan lanjutan karena foldernya cuma diganti nama sahaja.

Jika nanti setelah beberapa waktu setelah melakukan pemeriksaan semua aman, folder plugins yang masalah bisa dihapus untuk menghemat ruang penyimpanan.

Langkah 3, khususnya bagi pengguna WordPress, bisa lakukan instalasi ulang plugins tadi melalui laman WP admin karena situs sudah kembali bisa diakses.

Salam dan semoga membantu.